Pertemuan 1 : Pengenalan Jaringan Komputer

Pengenalan Jaringan Komputer


Nama : Anindi Maulia
Kelas  : 13.2A.01
NIM   : 13190190



PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Setiap titik akhir (kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, sering kali alamat IP atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint dapat mencakup server, komputer pribadi, telepon, dan berbagai jenis hardware jaringan.

Jaringan komputer juga mungkin dibuat dengan menggunakan gabungan teknologi kabel dan wireless. Perangkat jaringan berkomunikasi melalui medium transmisi kabel atau wireless. Untuk jaringan yang menggunakan kabel, Anda mungkin membutuhkan optical fiber, coaxial cable, atau kabel tembaga. Sementara itu, jalur jaringan wireless termasuk jaringan komputer yang menggunakan koneksi data wireless untuk menghubungkan titik akhir. Titik akhir ini termasuk radio siaran, radio seluler, microwave, dan satelit.
Dua buah komputer, masing-masing mempunyai kartu jaringan, lalu dihubungkan dengan kabel ataupun nirkabel untuk medium transmisi data, serta ada perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komupter yang sederhana. Jika ingin memubuat jaringan komputer yang lebih luas jangkauanya, maka diperlukan sebuah peralatan tambahan seperti, Gateway, Hub, Switch, Bridge, Router untuk peralatan interkoneksinya.


MANFAAT JARINGAN KOMPUTER

Manfaat Jaringan Komputer secara umum yang akan bisa didapatkan adalah sebagai berikut ini
  1. Jaringan Komputer dapat sharing resource (data, program, peripheral komputer)
  2. Jaringan Komputer media komunikasi efektif dan multimedia
  3. Jaringan Komputer memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
  4. Jaringan Komputer memungkinkan penyampaian lebih terpadu.
  5. Jaringan Komputer memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi lebih efisien.
  6. Jaringan Komputer dapat menjaga keamanan data lebih terjamin (hak akses).
  7. Jaringan Komputer menghemat biaya pengembangan dan pemeliharaan.
  8. Jaringan Komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap handal dan up to date.

TUJUAN JARINGAN KOMPUTER

Berikut ini tujuan dari jaringan komputer:
  1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien
  2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan upto-date.
  3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing).
  4. Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien.
  5. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

KOMPONEN PEMBENTUK JARINGAN
Jaringan Komputer tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu :
1. Komponen Hardware
Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC), Kabel dan topologi jaringan.
2. Komponen Software
Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.

A. Perangkat jaringan
1. Repeater
Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan kekuatan yang sama. Dengan adanya repeter, sinyal dari suatu komputer dapat komputer lain yang letaknya berjauhan.
2. Hub
Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga hub disebut juga multiport repeter. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidak mempunyai pengetahuan mengenai alamat yang dituju. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunaka metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal.
3. Bridge
Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju.
4. Switch
Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port lain masih tetap dapat berfungsi. Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan komputer lain yang secara logic berbeda jaringan.
MEDIA TRANSMISI

 Kabel pasangan berpilin (Twisted pair cable)


Twisted pair Cable pada dasarnya merupakan sepasang kabel tembaga yang diputar bersama-sama berbentuk spiral dan dibungkus dengan lapisan plastik. Twisted Pair Cable ini pada dasarnya dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Kabel UTP (unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Diameter Twisted Pair sekitar 0,4mm hingga 0,8mm.

Kabel Koaksial (Coaxial Cable)

kabel jaringan
Kabel Koaksial (Coaxial Cable) adalah kabel dua konduktor yang mana satu konduktor berada di rongga luar mengelilingi satu konduktor tunggal yang dipisahkan oleh bahan Isolator. Kabel jenis ini memiliki impedansi transmisi yang konstan serta tidak menghasilkan medan magnet sehingga cocok untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi.

Kabel Serat Optik (Fiber Optic Cable)

Kabel Serat Optik atau Fiber Optic Cable adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari serat kaca atau plastik halus yang dapat mentransmisikan sinyal cahaya dari satu tempat ke tempat lainnya. Sumber cahayanya dapat berupa sinar Laser ataupun sinar LED. Diameter kabel serat optik sekitar 120 mikrometer.
 Kabel UTP
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah sepasang kabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari 2 atau lebih pasang kabel.
Dalam penerapannya kabel UTP sangat rentan akan intervensi terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel ini banyak digunakan untuk jaringan telepon dan juga jaringan LAN Kecil.
Kabel STP
kabel jaringan





Kabel STP (Shielded twisted pair) ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pada kabel UTP. Pada kabel STP memiliki kabel perlindungan di dalam lapisannya untuk melindungi kabel twisted pairnya. Dengan lapisan tersebut membuat kabel STP memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan kabel UTP dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.
JENIS JENIS JARINGAN KOMPUTER
1) Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstatioan dalam suatu kantor suatu perusahaan atau pabrik- pabrik untuk memakai sumber daya (resaource, misalnya printer) secara bersama-sama dan saling bertukar informasi yang masih dalam satu area.
2) Metropolitan Area Network (MAN)
Hampir sama dengan LAN yang merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor- kantor perusahaan yang terletak berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat di manfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang daya dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan Televisi Kabel. biasanya MAN digunakan dalam area 1 kota, bukan hanya satu lokasi saja.

3) Wide Area Network (WAN)
Jaringan WAN merupakan jaringan yang mencakup daerah geografis yang lebih luas, seringkali mancakup sebuah negara bahkan antar benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin- mesin yang bertujuan utuk menjalankan Program-program (Aplikasi) pemakai, bisa dikatakan jaringan WAN merupakan jaringan internet yang kita kenal saat ini.

SOAL 
  1. Sebutkan urutan warna dalam pemasangan kabel UTP model Straight ?
  2. Sebutkan urutan Warna dalam pemasangan kabel UTP model Cross ?
  3. Ethernet type 1000BASE-TX memiliki maximal bandwitch sebesar ?
  4. untuk menghubungkan komputer dengan komputer menggunakan kabel UTP model ?

JAWABAN
  1. ujung A dan B sama :

    -Putih Orange
    -Orange
    -Putih Hijau
    -Biru
    -Putih Biru
    -Hijau
    -Putih Coklat
    -Coklat
  2. Ujung A :

    -Putih Orange
    -Orange
    -Putih Hijau     
    -Biru
    -Putih Biru
    -Hijau
    -Putih Coklat
    -Coklat

    Ujung B :

    -Putih Hijau
    -Hijau
    -putih Orange
    -Biru
    -Putih Biru
    -Orange
    -Putih Coklat
    -Coklat
  3. Kecepatan 1000 Gigabit Per Second (Gbps), misalnya jarak kabel maksimum adalah 100 meter dengan diameter jaringan 205 meter.
  4. Kabel UTP model Cross

Komentar